Selasa, 04 November 2014

SITI SUCIATI - PERBEDAAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN)



ABSTRAK

PERBEDAAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ)
PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN)
DITINJAU BERDASARKAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF
DI PAUD WILAYAH KECAMATAN GONDANG
KABUPATEN TULUNGAGUNG
2014

Oleh :

SITI SUCIATI


Kecerdasan emosi merupakan serangkaian kemampuan individu untuk dapat mengelola emosi, melakukan empati, serta melakukan interaksi dengan lingkungan secara tepat. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosi adalah pertumbuhan otak. Generasi saat ini menunjukkan lebih banyak mengalami kesulitan emosi dibandingkan generasi sebelumnya.Faktor terpenting dalam pertumbuhan otak adalah nutrisi yang diberikan. Nutrisi terbaik pada masa perkembangan otak adalah ASI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosi pada anak PAUD yang dilihat berdasarkan pemberian ASI Eksklusif di PAUD wilayah kecamatan Gondang kabupaten Tulungagung tahun 2014. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian komparatif melalui pendekatan case control, data diambil dengan observasional dan pemberian kuesioner.
Berdasarkan uji hipotesa menggunakan uji Chi Square didapatkan nilai p-Value 0,001<0,05 : Ho ditolak, artinya ada perbedaan bermakna antara Emotinal Question anak yang mendapat ASI Eksklusif dengan Emotional Question anak yang tidak mendapat ASI Eksklusif di PAUD wilayah kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.

Kata Kunci : ASI Eksklusif, Emotional Quostient 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar