Selasa, 04 November 2014

DEWI RATNA SULISTINA - HUBUNGAN ANTARA PERAN SUAMI DALAM KEHAMILAN DENGAN KECEMASAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI PUSKESMAS KARANGREJO KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG



DEWI RATNA SULISTINA - HUBUNGAN ANTARA PERAN SUAMI DALAM KEHAMILAN DENGAN KECEMASAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI PUSKESMAS KARANGREJO KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNGHUBUNGAN ANTARA PERAN SUAMI DALAM KEHAMILAN DENGAN KECEMASAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI PUSKESMAS KARANGREJO KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG
TAHUN 2010


Oleh :

DEWI RATNA SULISTINA, S.ST

NIDN : 07 220686 01


ABSTRAK Latar Belakang : Wanita hamil mengalami berbagai jenis emosi dan salah satu perubahan emosi pada wanita hamil yang paling menonjol adalah kecemasan. Wanita hamil yang diperhatikan dan dikasihi oleh suaminya akan menunjukkan lebih sedikit gejala emosi, fisik, dan komplikasi. Hasil survey awal awal yang dilakukan oleh peneliti terhadap 5 orang ibu primigravida didapatkan 3 orang (60%) mengalami kecemasan dan suaminya tidak berperan selama kehamilan. Hal ini menunjukkan tingginya kecemasan pada ibu primigravida di Puskesmas Karangrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung tahun 2010.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara peran suami dalam kehamilan dengan kecemasan pada ibu primigravida di Puskesmas Karangrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung tahun 2010. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu primigravida di Puskesmas Karangrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Jumlah sampel 32 responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel secara sampling jenuh. Data diperoleh dari kuesioner dan diolah menggunakan uji spearman rank.
Berdasarkan hasil analisa uji korelasi spearman rank didapatkan taraf signifikansi 0,000<0,05 (α) maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada hubungan antara peran suami dalam kehamilan dengan kecemasan pada ibu primigravida di Puskesmas Karangrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung tahun 2010. Tingkat korelasi termasuk cukup (correlation coefficient 0,851) dengan arah korelasi negatif yang artinya adalah semakin baik peran suami dalam kehamilan maka semakin rendah kecemasan pada ibu primigravida.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti diharapkan suami lebih memperhatikan psikologis istrinya agar perannya dalam kehamilan dapat tercapai sehingga dapat menurunkan kecemasan pada ibu primigravida dan proses kehamilan dapat berjalan tanpa komplikasi.

Kata kunci : peran suami, kecemasan, ibu primigravida

View Full PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar