Selasa, 04 November 2014

DEWI RATNA SULISTINA - HUBUNGAN SENAM NIFAS DENGAN PENURUNAN TINGGI FUNDUS UTERI PADA IBU PASCA SALIN PRIMIPARA HARI 1 – 3 DI BPS WIWIK AKHTAWATI DESA KARANGTALUN KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG



HUBUNGAN SENAM NIFAS DENGAN PENURUNAN TINGGI FUNDUS UTERI PADA IBU PASCA SALIN PRIMIPARA HARI 1 – 3  DI BPS WIWIK AKHTAWATI DESA KARANGTALUN KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG


Oleh :

DEWI RATNA SULISTINA
NIDN : 07 220686 01


ABSTRAK Latar Belakang : Manfaat dari senam nifas adalah akan mempercepat terjadinya involusi uteri atau kembalinya rahim ke bentuk semula. Oleh karena itu pada ibu post partum dianjurkan untuk melakukan senam nifas dengan melakukan latihan yang teratur dan insentif. Untuk mencegah kelainan yang ditimbulkan karena imobilisasi pada ibu pasca salin maka perlu diberikan penyuluhan tentang senam nifas dan mendemonstrasikannya, hal ini dimaksudkan untuk merubah perilaku ibu pasca salin supaya mau melakukan senam nifas sehingga dampak yang diakibatkan dari imobilisasi tidak terjadi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan senam nifas dengan penurunan tinggi fundus uteri pada  ibu pasca salin primipara hari 1 – 3 di BPS Wiwik Akhtawati Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.
Desain penelitian yang digunakan cross sectional. Populasi seluruh ibu pasca salin hari 1 – 3  di BPS Wiwik Akhtawati Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung dengan sampel sebanyak 30 responden yang memenuhi kriteria inklusi dengan teknik total Sampling. Variabel independen senam nifas, Variabel dependen penurunan fundus uteri. Penelitian dilakukan tanggal 17 Oktober – 31 Oktober 2009. Instrumen yang digunakan kuesioner dan metlin. Untuk mengetahui hubungan senam nifas dengan penurunan tinggi fundus uteri pada  ibu pasca salin primipara hari 1 – 3 di analisis dengan uji Chi-square.
Didapatkan hasil Uji Chi-square test  di dapatkan p = 0,003 < α (0,05) sehingga Ho di tolak yang berarti ada hubungan senam nifas dengan penurunan tinggi fundus uteri pada  ibu pasca salin primipara hari 1 – 3 di BPS Wiwik Akhtawati Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.
Gerakan senam nifas yang dilakukan oleh ibu pasca salin sangat mempengaruhi penurunan tinggi fundus uteri karena otot rahim bila dirangsang dengan senam nifas maka aliran darah akan meningkat lancar. Kontraksi uterus semakin baik sehingga mempengaruhi proses pengecilan uterus.

Kata Kunci : Senam Nifas, Penurunan Tinggi Fundus Uteri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar