Selasa, 04 November 2014

DEWI RATNA SULISTINA - TINGKAT PENGETAHUAN IBU BAYI KURANG DARI 1 TAHUN TENTANG PIJAT BAYI DI PR. TRUBUS ALAMI



TINGKAT PENGETAHUAN IBU BAYI KURANG DARI 1 TAHUN TENTANG PIJAT BAYI DI PR. TRUBUS ALAMI
KABUPATEN TULUNGAGUNG

Oleh:

DEWI RATNA SULISTINA
NIDN : 07 220686 01

ABSTRAK Latar Belakang : Pijat bayi adalah terapi sentuh. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari pijat bayi adalah menstmulasi kecerdasan bayi sejak awal. Dan hal ini tidak hanya bermanfaat bagi bayi tetapi juga bisa bermanfaat bagi orang tua, terutama jika pijat bayi ini dilakukan sendiri oleh orang tua.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Ibu Bayi Kurang Dari 1 Tahun Tentang Pijat Bayi.
Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif, variabel dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu bayi kurang dari 1 tahun tentang pijat bayi, jumlah populasi sebanyak 38 ibu bayi kurang dari 1 tahun, sampai dalam penelitian ini berjumlah 38 responden dengan menggunakan tehnik  total sampling, dimana alat ukur menggunakan kuisioner, lokasi penelitian di PR. Trubus Alami Kabupaten Tulungagung. Waktu penelitian 15 Mei 2011 - 15 Juni 2011. Tehnik analisa data dengan skala prosentase. Penyajian data dalam bentuk diagram pie.
Dari hasil penelitian didapatkan hasil prosentase tingkat pengetahuan pada ranah tahu sebagian besar adalah baik yaitu 68%, pada tingkat paham sebagian besar adalah baik yaitu 68%, pada tingkat aplikasi adalah baik yaitu 61%, dan secara umum sebagian besar adalah berpengetahuan baik sebanyak 66%.
 Tingkat pengetahuan ibu bayi kurang dari 1 tahun tentang pijat bayi yang baik disebabkan karena faktor telah memperoleh informasi sebelumnya, dan hal ini juga didukung oleh faktor pendidikan yang hampir setengahnya adalah SMA. Sehingga dengan demikian responden akan lebih mudah untuk menyerap suatu informasi yang diberikan.

Kata Kunci : Pengetahuan, Pijat Bayi 

Full Download PDF 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar