Selasa, 04 November 2014

DEWI RATNA SULISTINA - HUBUNGAN ANTARA MENYUSUI SEGERA (IMMEDIATE BREASTFEEDING) DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PT. CAHAYA TIGA SAUDARA SEJATI KABUPATEN TULUNGAGUNG



HUBUNGAN ANTARA MENYUSUI SEGERA (IMMEDIATE BREASTFEEDING) DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PT. CAHAYA TIGA SAUDARA SEJATI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Oleh:

DEWI RATNA SULISTINA
NIDN : 07 220686 01

ABSTRAK Latar Belakang : Menyusui segera adalah pemberian ASI segera setelah bayi dilahirkan yaitu 30 menit pertama setelah kelahiran bayi. ASI eksklusif adalah bahwa bayi hanya menerima ASI dari ibu, atau pengasuh yang diminta memberikan ASI dari ibu, tanpa penambahan cairan atau makanan padat lain, kecuali sirup yang berisi vitamin, suplemen mineral atau obat. Dan hal ini tidak hanya bermanfaat bagi bayi tetapi juga bisa bermanfaat bagi orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara menyusui segera (immediate breastfeeding) dengan ASI eksklusif di PT. Cahaya Tiga Saudara Sejati Kabupaten Tulungagung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional.  Variabel dalam penelitian ini adalah menyusui segera (immediate breastfeeding) dan ASI eksklusif  dengan  jumlah populasi sebanyak 41 ibu pekerja yang memiliki bayi dibawah usia 1 tahun (12 bulan), menggunakan tehnik  total sampling, dimana alat ukur menggunakan kuesioner, lokasi penelitian di PT. Cahaya Tiga Saudara Sejati Kabupaten Tulungagung. Waktu penelitian 3 – 15 September 2014. Tehnik analisa data dengan menggunakan chi square. Penyajian data dalam bentuk diagram pie.
Dari hasil penelitian didapatkan hasil ada perbedaan bermakna antara menyusui segera (Immediate Breastfeeding) dengan ASI eksklusif di PT. Cahaya Tiga Saudara Sejati Kabupaten Tulungagung, berdasarkan analisa data menggunakan uji statistik Chi Square didapatkan nilai p-Value 0,000 < 0,05.
Maka dapat disimpulkan bahwa makin tinggi pelaksanaan menyusui segera (immediate breastfeeding) maka makin tinggi pula keberhasilan ASI eksklusif.  Keberhasilan menyusui segera (immediate breastfeeding) dan ASI eksklusif tidak lepas dari faktor-faktor yang berhubungan dengan menyusui pada bayi diantaranya pendidikan ibu, paritas ibu, berat bayi saat lahir, jenis persalinan, pengetahuan ibu dan dukungan menyusui di tempat kerja.
Kata Kunci : Menyusui segera (immediate breastfeeding), ASI eksklusif 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar